Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Senin, 10 April 2017

Pengenalan Autocad

Spot Teknik
drawing area, Autocad drawing area, area gambar autocad


Kalau sebelumnya sudah mengerti apa AutoCAD itu, sekarang kita mengupas bagian – bagian dalam AutoCAD dalam bab Pengenalan AutoCAD.


sebelumnya sudah pernah saya bahas secara global tentang


yang lebih mendeskripsikan jenis dan kegunaan Autocad product dari Autodesk, Sekarang saya akan menjelaskan tentang bagian dalam autocad tersebut yang nantinya akan digunakan untuk proses pengolahan data

Bagi Kalian yang sudah mahir dengan software autocad ini pasti sudah tahu bagian - bagian ini lah ya, Kali ini saya menggunakan AUTOCAD 3D Civil 2015 sebagai pengenalan Autocad tahap ini. Jadi kenapa saya menggunakan AutoCAD 3D Civil karena :


  1. Sebagai Engineer yang bekerja di bidang konstruksi hal ini sangat memudahkan dalam pengolahan data.
  2. Semakin Baru software keluaran Autodesk ini makan semakin memudahkan tentunya bagi pengguna. Namun, tentu saja semakin canggih software ini tuntutan spesifikasi komputer juga semakin tinggi, misalnya nih untuk product AUTOCAD 3D Civil 2016 minimal RAM 4 tapi direkomendasikan untuk penggunakan 3D nya menggunakan RAM 8, untuk Autocad 3D Civil 2017 terbaru minnimal RAM 8, Yah .. karena Autocad 3d civil 2015 sudah mencukupi untuk pengolahan data keperluan saya jadi saya menggunakan ini saja yang spesifikasi RAM nya minimal 4 dan ini sudah cukup, dan juga Autocad akan menyimpan data yang sama setiap selang 3 tahun pengeluaran product terbaru, jadi Autocad 2000 - 2003 akan disimpan dalam format *.dwg Autocad 2000, Autocad 2004 - 2006 akan disimpan dalam  *.dwg Autocad 2004, Autocad 2007 - 2009 akan disimpan dalam *.dwg 2007, Autocad 2010 - 2012 disimpan dalam *.dwg 2010, Autocad 2013 - 2015 akan disimpan dalam *.dwg 2013,dan seterusnya, ini juga yang  menjadi salah satu alasan saya memilih 2015 karena patner kerja saya menggunakan Autocad 2013 - 2015. Untuk lebih detailnya tentang spesifikasi AutoCAD bisa di lihat di sumbernya disini Autodesk Knowledge Network

Loh kok malah cerita ini, kan mau bahas pengenalan Autocad Ya... 

Baik, kita kupas sekarang semudah mengupas pisang. Tidak serius hanya bercanda :V

Seperti Pada gambar di atas, sudah ditunjukan bagian – bagian pada tampilan pertama AutoCAD, berikut penjelasan detailnya :

  1.   1. Menu Browser: Jika kalian klik simbol A di ujung kiri atas dengan tanda segitiga kebalik kebawah maka akan muncul beberapa perintah standart seperti:
    • New : Untuk membuka lembar kerja baru
    • Open : untuk membuka file
    • Save  : Untuk menyimpan hasil olah data
    • Save As : Menyipan file yang sudah ada atau yang sudah di edit dengan nama lain
    • Export : Untuk export data ke (DWF, DWFx, 3D DWF, DGN, DXF, PDF, FBX, dan format – format lain )
    • Publish : untuk di sharing via internet, sebagai archive dll
    • Print : untuk mencetak Hasil olahan data
    • Close : Untuk menutup aplikasi, ada dua pilihan yang pertama menutup lembar kerja yang sedang dikerjakan dan yang kedua semua lembar kerja
    • Drawing Utilities : ada beberapa perintah untuk pengoperasian seperti ( Drawing Properties, Drawing setting, Units, Audit, Status, Purge, Recovery, Open the drawing recovery, dan Update block icon )
    • Workflow : untuk memanagement workflow
  2. Quick Access : fungsi menu ini hampir sama dengan Menu browser hanya saja ada beberapa tambahan seperti properties, match properties dan deretan tombol workspace yang aktif di susun berderet tombol - tombol simbol icon. Tombol – tombol ini bisa kalian muncul dan sembunyikan, tinggal di klik pada tombol drop down segitiga di atas, selanjutnya kalian beri tanda centang pada simbol yang akan dimunculkan. Untuk mengganti workspace yang aktif tinggal klik tombol drop down pada workspace dan selanjutnya tinggal kalian klik saja. Silahkan di coba satu persatu ya semangat nih !!
  3.       Menu Bar : Ketika menu ini di buka melalui quick access toolbar, maka kalian bisa mengakases perintah – autocad yang tampilannya di susun seperti menu – menu. Jadi jika suatu saat kalian tidak menemukan perintah yang kalian cari pada panel. Kalian bisa cari disini, bisa juga melalui command line. Berikut contoh gambar menu file :
    menu bar autocad, autocad menu file, menu software autocad
  4. Ribbon dan Panel : dalam tampilan 3D workspace, ribbon dan panel sangat terlihat mencolok. Ribbon menampilkan tombol – tombol perintah autocad yang dikelompokan dalam panel sesuai dengan fungsinya.
  5. Command line : fungsinya untuk memasukan input perintah, koordinat, besaran atau harga yang di inginkan untuk di proses oleh AUTOCAD. Biasanya pengguna yang telah hafal sortkey akan menggunakan command line ini karena lebih mudah dan cepat dalam pembuatan object di autocad.
  6. Statusbar : menunjukan settingan dan file autocad yang sedang aktif. Beberapa feature disini membantu dalam membuat model yang persisi dan biasanya dilengkapi dengan sortkey
  7. Area gambar : atau bisa disebut drawing area. Disinilah kita bisa membuat dan memodifikasi object gambar pada autocad. Drawing area ini dibedakan menjadi dua yaitu mode space dan Paper space. Pada mode space inilah kita mengolah dan memodifikasi gambar sedangkan pada mode paper space atau layout lebih di pakai untuk proses mencetak gambar, memang pada mode space juga sudah bisa dipakai untuk mencetak gambar atau plotting namun jika kalian menggunakan gambar tiga dimensi maka diharuskan untuk mengubah ke mode paper space ini untuk percetakan. Biasanya pada mode paper space ini kita bisa menyesuaikan dengan kertas yang akan di pakai sehingga skala gambar yang digunakan sesuai. Pada kedua mode ini juga dilengkapi dengan simbol UCS atau orientasi sumbu X, Y. Berikut contoh kedua mode
    mode space autocad, paper space autoad, menu autocad, tampilan autocad
    Sebelah kiri Mode space dan Sebelah kanan Pepar Space


  8. Kursor mouse : dalam penggunakan Autocad ini sangat dianjurkan untuk menggunakan mouse karena ini mempermudah pengolah data. Klik kiri pada mouse berfungsi untuk memilih, klik kanan fungsinya sama dengan klik kanan pada umumnya yang nanti akan memunculkan beberapa options, scroll ke atas fungsinya untuk zoom in atau memperbesar, scroll ke bawah fungsinya untuk zoom out atau memperkecil tampilan display, sedangkan jika scroll ditekan maka fungsinya sama dengan pan untuk menggeser tampilan gambar. Nah kalau kalian tidak memakai Mouse bayangkan betapa ribetnya harus selalu klik kanan pilih optional zoom dan pan, klik kiri balik lagi klik kanan untuk exit, ya .. begitulah. Berapa waktu yang tersita untuk klik kanan klik kiri, dan klik kanan lagi, sedangkan kalau kalian ingin profesional sebaiknya bekerja dengan cepat dan teliti. Memang ini tahap penegenalan Autocad tapi saya anjurkan menggunakan mouse ya, biar hemat waktu


Demikian tahap pengenalan Autcad , semoga bermanfaat ya .. jangan lupa masih banyak tutorial
lain disini, Jangan Lupa untuk tahu lebih banyak software disini, yuk kenalan dulu

Global Mapper adalah 
Apa itu Google Earth ?

Semakin banyak software yang kalian kuasai semakin profesional tentunya. karena hampir semua orang kini bisa otak atik yang namanya aplikasi makanya jangan kalah ya, tidak ada batasan untuk menguasai suatu ilmu dan tentunya menguasai berbagai software akan menjadi poin plus untuk kalian apalagi dalam dunia kerja, ya kan. Jangan pernah sungkan untuk kenalan ya seperti pengenalan Autocad ini.

Spot Teknik / Author & Editor

Belajar tidak kenal usia, belajar bisa dimana saja, dengan siapa saja, dan kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights Spot teknik blog@ 2016, |